Kamis, 15 September 2011

Perlunya e-Business


Perlunya E-Business
yaitu untuk mensupport bagian dari marketing, produksi, accounting, finance, dan human resource management. Proses transaksi online memegang peranan yang sangat penting pada e-business. Yang termasuk proses transaksi online adalah
 1. Data entry
 2. Transaction processing
 3. Database maintenance (organization’s databases)
4. Document and report generation
 5. Inquiry processing (Proses pemerikasan)
Perlunya e-Business bagi Bank
Bayangkan jika cabang-cabang bank tidak terhubung on line seperti sekarang ini. Nasabah bank hanya bisa menyetor dan mengambil uangnya di cabang tempat ia membuka rekening. Terutama ketika nasabah membutuhkan uang tunai saat ia sedang berada di wilayah lain. Layanan bank pun jadi terbatas pada orang-orang di daerah tertentu saja. “Tanpa jaringan on line proses pencatatan transaksi jadi ruwet. Biaya administrasi jadi tinggi, pengumpulan data yang terpusat menjadi lambat dan sulit dilakukan. Apalagi melakukan manajemen kontrol ke seluruh cabang. Seluruh proses kerja menjadi tidak efisien, bisnis dan layanan bank pun tidak dapat berkembang,  ucap Manajer IT di salah satu bank swasta.
Pembangunan jaringan on line antar cabang menjadi penting. Bagaimana pun, agar tumbuh sehat bank perlu membuka banyak cabang untuk menjaring lebih banyak nasabah. Nah, untuk meningkatkan efisiensi, tiap cabang membutuhkan aplikasi yang terintegrasi, baik dengan cabang lain maupun dengan kantor pusat. Transaksi perbankan apapun yang terjadi di satu kantor cabang, akan tercatat langsung di kantor pusat dan bisa diakses pula oleh cabang-cabang lain. Hal ini akan memudahkan untuk pihak bank dalam hal efisiensi dan kontrol, juga kenyamanan buat para nasabah. Karena dengan menyatunya data di pusat dan bisa diakses semua cabang, maka nasabah bisa menarik dan menyetor dana dari cabang mana pun juga. Termasuk juga menikmati kenyamanan bertransaksi melalui Automatic Teller Machine (ATM) yang tersebar luas. Semua dimungkinkan dengan penerapan jaringan komunikasi data on line antar cabang.

Perlunya e-Business Bagi Perusahaan,Customer dan Masyarakat

1.      Bagi Perusahaan

ü  Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan pasar global, sehingga perusahaan bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, memilih pemasok terbaik, dan menjalin relasi dengan mitra bisnis yang dinilai paling cocok.

ü  Menekan biaya menyusun, memproses, mendistribusikan, menyimpan, dan mengakses informasi berbasis kertas (paperbased information).

ü  Memungkinkan perusahaan mewujudkan bisnis yang sangat terspesialisasi.

ü  Menekan biaya persediaan dan overhead dengan cara memfasilitasi manajemen rantai nilai bertipe “pull”, yang prosesnya berawal dari pesanan pelanggan dan menggunakan pemanufakturan just-intime (JIT).

ü  Memungkinkan perusahaan untuk menerapkan mass customization terhadap produk dan jasanya.

ü  Menekan waktu antara pembayaran dan penerimaan produk/jasa.

ü  Meningkatkan produktivitas karyawan melalui rekayasa ulang proses bisnis.

ü  Menekan biaya telekomunikasi.

ü  Manfaat-manfaat lainnya, seperti citra yang lebih baik, layanan pelanggan yang lebih bagus, proses yang lebih sederhana, mitra bisnis yang baru, waktu siklus dan pengiriman yang lebih singkat, akses terhadap informasi yang lebih luas, biaya transportasi yang lebih murah, dan fleksibilitas yang lebih tinggi.

ü  Fenomena jejaring (internetworking) memaksa perusahaan untuk bekerja sama dengan berbagai mitra bisnis untuk dapat menawarkan produk atau jasa secara kompetitif, sehingga kontrol kualitas, harga, dan kecepatan penciptaan sebuah roduk atau jasa kerap sangat ditentukan oleh faktorfaktor luar yang tidak berada di dalam kontrol perusahaan.

2.      Bagi Customer

ü  Memungkinkan konsumen berbelanja atau melakukan transaksi lainnya setiap saat (24 jam sehari) dan dari hampir semua lokasi.

ü  Memberikan pilihan produk dan pemasok yang lebih banyak kepada pelanggan.

ü  Memungkinkan konsumen dalam mendapatkan produk dan jasa yang lebih murah, karena konsumen bias berbelanja di banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.

ü  Dalam beberapa kasus, terutama produk yang terdigitalisasi, e-business memungkinkan pengiriman produk secara cepat dan real-time.

ü  Memungkinkan pelanggan untuk berpartisipasi dalam lelang virtual.

ü  Memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan pelanggan lainnya dalam electronic communities dan saling bertukar gagasan serta pengalaman.

ü  Memfasilitasi kompetisi yang mengarah pada diskon substansial bagi pelanggan.

 

 

3.      Bagi Masyarakat
ü  Memungkinkan lebih banyak orang bekerja di rumah dan lebih jarang bepergian untuk berbelanja, sehingga kemacetan dan polusi udara bisa berkurang.
ü  Memungkinkan beberapa jenis barang dijual dengan harga murah, sehingga bias terjangkau oleh orang yang kurang mampu.
ü  Memungkinkan masyarakat di negara berkembang dan kawasan pedalaman menikmati produk dan jasa yang relatif langka di tempat tinggalnya, termasuk di dalamnya belajar jarak jauh lewat euniversity.
ü  Memfasilitasi penyampaian jasa publik, seperti pelayanan kesehatan, pendidikan, dan distribusi layanan social pemerintah secara lebih murah dan/atau berkualitas.



Nama : Yayiek Dzurriyyatin Th
Nim    : 08410100466

0 komentar:

Posting Komentar